Pentingnya komponen elektronik

Berbagai jenis teknologi telah memainkan peran penting dalam mengembangkan produk baru, gadget dan perangkat yang melayani umat manusia dalam berbagai cara: membuat hidup lebih mudah dengan banyak kemungkinan yang dapat ditawarkannya. Dari sekian banyak penemuan yang kita kenal saat ini, komponen elektronik telah membuat pengembangan artikel semacam itu sangat mungkin. Meskipun kita mungkin tidak menyadarinya, kita tidak hanya dikelilingi oleh sejumlah besar komponen elektronik yang memastikan bahwa hal-hal di sekitar kita berfungsi dengan baik.

Komponen elektronik didefinisikan sebagai elemen dasar dalam elektronik yang memiliki lead (terminal) yang dapat dihubungkan ke komponen lain untuk membentuk perangkat fungsional, tergantung pada aplikasi yang dimaksud. Misalnya, jika Anda melihat motherboard komputer, Anda akan melihat berbagai komponen elektronik yang masing-masing melakukan fungsi tertentu. Komponen-komponen ini terhubung satu sama lain dengan menggunakan papan sirkuit cetak di mana sirkuit sangat kecil telah dicetak melalui reaksi kimia yang disebut elektrodeposisi. Proses elektroplating ini dapat diproduksi dengan cara yang berbeda dan dengan penggunaan berbagai jenis logam dan paduan untuk membuat sirkuit yang memungkinkan listrik untuk melewati dan mengirimkan energi ke sistem. Komponen elektronik kemudian akan dipasang di papan sirkuit cetak ini (PCB), sehingga rangkaian lengkap dibuat.

Motherboard komputer adalah contoh yang baik dari koleksi lengkap komponen elektronik, karena memiliki elemen yang berbeda, seperti dioda, resistor, kapasitor dan bahkan perangkat yang lebih canggih seperti ROM, di mana lebih dari dua terminal terpasang ke sirkuit. dan berfungsi sebagai perangkat penyimpanan memori komputer. Dalam komputer, kehadiran komponen elektronik adalah suatu keharusan, karena semua proses yang diperlukan yang harus dilakukan agar berfungsi dengan baik dilakukan oleh penggunaan sinyal elektronik yang melalui sirkuit dan komponen.

Bahkan remote control sederhana untuk televisi rumah Anda memiliki komponen yang dikenal sebagai Light Emitting Diode (LED): lampu merah atau hijau kecil yang menyala setiap kali Anda menekan tombol pada remote control. Konfigurasi yang rumit dan kombinasi dari komponen-komponen ini membawa kita gadget yang paling kita cintai hari ini, seperti ponsel, laptop, tablet dan gadget elektronik lainnya yang kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari kita. Dengan komponen-komponen ini dunia telah diperkenalkan dengan cara yang lebih baik untuk melakukan tugas-tugas tertentu dan berbagai kemungkinan.



Source by Joe Dam