Institut Teknologi India – Rekayasa Par Excellence

Munculnya sektor dan infrastruktur TI di India telah sangat meningkatkan permintaan teknisi. Meskipun ada tiga belas perguruan tinggi teknik di pedesaan, Institut Teknologi India adalah yang terbaik dalam bidang breed. Setiap orang India yang ingin menjadi insinyur bermimpi menjadi anggota salah satu IIT.

Dari awal 2009 ada 7 IIT di kampus mereka sendiri. Ini adalah IIT Kharagpur, IIT Bombay, IIT Madras, IIT Kanpur, Iit Delhi, Iit Guwahati dan Iit Roorkee. Enam IIT saat ini sedang operasional dari kampus sementara karena mereka dimulai pada 2008. Ini adalah IIT Bhubaneswar, IIT Gandhinagar, IIT Hyderabad, IIT Patna, Iit Punjab dan Iit Rajasthan. Keenam IIT ini saat ini berada di bawah bimbingan IIT lama dan beroperasi dari kampus mereka.

Tidak seperti perguruan tinggi teknis lainnya, IIT tidak harus berafiliasi dengan universitas untuk menawarkan gelar. Ini karena setiap institusi dianggap sebagai universitas independen.

Kursus yang ditawarkan:

IIT menawarkan program di tingkat sarjana dan magister. Mereka juga lembaga yang berorientasi pada penelitian. Di tingkat sarjana, tingkat sarjana, semua siswa menerima B. Tech. gelar Nomenklatur spesifik derajat tergantung pada aliran teknik yang dipilih oleh siswa.

Masing-masing IIT dikenal untuk aliran teknik tertentu. Para siswa biasanya memilih untuk informatika, elektronik, teknik mesin, dirgantara dan teknik sipil. Sementara program studi tahun pertama adalah sama untuk semua siswa, program studi mereka, tahun kedua setelahnya, ditentukan sesuai dengan aliran teknik yang dipilih.

IITs juga menawarkan gelar Magister Teknologi terintegrasi. Kursus Magister Administrasi Bisnis juga ditawarkan bersama dengan Master of Science. Tingkat penelitian Doctor of Philosophy juga ditawarkan oleh IITs.

Proses Penerimaan:

Penerimaan ke semua IIT dilakukan melalui sistem pengujian penerimaan terpusat. Prosedur penerimaan ke IIT dikenal sebagai ujian masuk bersama. Rata-rata, tidak kurang dari 600.000 siswa menulis JEE setiap tahun. Dari jumlah tersebut hanya 5500 siswa yang dipilih untuk institusi elit ini. Untuk tampil sebelum JEE, pelamar harus telah mencapai 60% poin pada level 10 + 2 dengan subyek beta. Untuk kategori yang dipesan, persentase minimum yang disyaratkan adalah 55%. Tes tidak dapat dilakukan lebih dari dua kali dan batas usia maksimum adalah 25 tahun (30 tahun untuk kategori yang dipesan).

Penerimaan ke tingkat pascasarjana dilakukan melalui tes penerimaan khusus kursus. Untuk program M. Tech, Graduate Aptitude Test in Engineering (GATE) diadakan. Untuk M. Sc. JAM (Joint Admission to M.Sc.) diadakan sementara masuk ke program manajemen dilakukan melalui JMET (Joint Entrance Entrance Test).

Prospek Pekerjaan:

Universitas teknis terbaik di negeri ini, menyelesaikan diploma IIT dengan sendirinya merupakan jaminan pekerjaan. Sebagian besar siswa ditawarkan lowongan melalui magang di kampus. Para siswa menerima banyak lowongan internasional dengan perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat yang merupakan salah satu penyewa terbesar alumni IIT.

IIT adalah lembaga di mana guru terbaik menggunakan sumber daya terbaik untuk mengajar siswa terbaik di India.



Source by Chander Shekhar Riat